Tips Olahraga Renang Untuk Ibu Hamil

Tips Olahraga Renang Untuk Ibu Hamil

Ketenangan bisa di dapat apabila ibu hamil bisa renang. Renang merupakan olahraga air, untuk berenang kita butuh kolam renang. Kolam renang sudah banyak tersedia di berbagai tempat seperti pemandian yang memang khusus untuk renang. Renang sendiri selain sering dilakukan oleh kalangan umum ternyata renang juga baik bagi ibu hamil.

Renang untuk ibu hamil, seperti apa mungkin kita takut karena ibu hamil sedang dalam masa perkembangan untuk sang janin. Namun tidak dipungkiri bahwa renang juga mempunyai manfaat yang baik bagi ibu hamil antara lain seperti tidur lebih nyenyak, kesehatan jantung lebih terjaga dan juga renang bisa mengurangi rasa mual selama masa kehamilan. Selain itu renang juga dapat mengurangi tekanan atau beban pada sendi dan otot, otot juga bisa semakin kuat karena sering terlatih, pada sekitar panggul otot juga bisa terlatih sehingga nantinya bisa mempermudah proses kelahiran / persalinan.

Apabila anda tertarik untuk berenang dan mencoba olahraga jenis air ini coba perhatikan berikut ini. Karena memang demi keselamatan dan tidak sembarangan melakukan renang agar hasilnya bisa maksimal. Beberapa hal yang harus di perhatikan antara lain :

  1. Untuk berenang lakukan dengan santai, jangan membuat gerakan yang berak dan menyentak. Apabila anda sudah lama berenang dan terasa lelah bisa mencoba gerakan mengapung dan rileks.
  2. Baju renang atau pakaian renang harus nyaman dan tidak terlalu ketat sehingga perut tidak tertekan.
  3. Pilih suhu air kolam yang sedang jadi tidak terlalu panas dan terlalu dingin sehingga renang bisa nyaman.
  4. Waktu berenang untuk ibu hamil tidak boleh terlalu lama karena takut kelelahan. Baiknya waktu renang kurang lebih hingga 20 sampai 30 menit saja. Terlalu lama juga tidak baik untuk menjaga suhu kandungan dan janin.
  5. Gunakan sepatu anti slip sehingga tidak mudah untuk terpeleset.
  6. Apabila tidak bisa renang, bisa langsung menyelam saja. Pilih kolam renang yang dangkal kemudian jalan-jalan di pinggir kolam serta mencoba gerakan seperti menendang dengan perlahan. Pada bagian tangan bisa melakukan gaya melingkar / lingkaran.
  7. Apabila jarang renang atau bahkan tidak sama sekali. Anda bisa mencoba pertama dengan rentan waktu 5 sampai 10 menit setiap harinya kemudian tambah dengan bertahap pada Minggu berikutnya dengan 1 sampai 2 menit. Renang bisa dilakukan sekitar 2 hingga 3 kali selama satu Minggu.

Tips Olahraga Renang Untuk Ibu Hamil

Anda mungkin bertanya kapan sebaiknya renang dilakukan. Renang yang baik bisa dilakukan pada trimester pertama pada masa kehamilan. Namun ketika mencapai trimester ketiga biasanya ibu hamil sudah agak sudah untuk melakukan keseimbangan. Jadi hati-hati karena risiko seperti jatuh atau terpeleset bisa terjadi. Lakukan pada waktu usia kehamilan dan masih enak di buat untuk jalan saja.